Mau Dibawa Kemana Negeri Ini, Dengan Penduduk Yang Begitu Padat

Minggu, 19 Oktober 2014

Pertumbuhan penduduk adalah salah satu faktor penting dalam masalah sosial ekonomi di suatu negara. Jika penduduk di suatu negara bertambah maka akan mempengaruhi hal - hal seperti ketersediaan lapangan pekerjaan, pangan, dan lahan tempat tinggal. Dengan demikian akan muncul kesenjangan sosial antar sesama. Pertumbuhan penduduk yang tinggi seharusnya di imbangi dengan fasilitas – fasilitas yang ada. Indonesia merupakan negara yang memiliki jumlah penduduk terpadat ke-4 di dunia. Laju pertumbuhan penduduk di Indonesia begitu pesat, meskipun pemerintah telah melakukan berbagai macam upaya untuk menahan laju pertumbuhan penduduk, tetapi upaya – upaya pemerintah tersebut belum sesuai dengan harapan.

Faktor – faktor penyebab pertumbuhan penduduk yaitu :
  • Peningkatan angka kelahiran
  • Penurunan angka kematian
  • Pernikahan dini
  • Anggapan masyarakat banyak anak banyak rezeki
  • Kurangnya pendidikan dan pengaruh budaya
  • Umur yang panjang
  • Migrasi
Untuk itu peranan pemerintah sangat dibutuhkan dalam menahan laju pertumbuhan penduduk. Adapun cara – cara yang dilakukan pemerintah untuk menahan laju pertumbuhan penduduk seperti menggalakkan program Keluarga Berencana (KB) untuk membatasi jumlah anak dalam satu keluarga secara umum, sehingga akan mengurangi jumlah angka kelahiran. Selain itu adanya sosialisasi agar masyarakat menunda perkawinan dengan menikah di usia yang ideal. Biasanya sosialisasi ini dapat dijumpai di seminar – seminar, iklan media massa, majalah dan lain – lain. Kemudian untuk mengimbangi pertumbuhan penduduk, maka pemerintah menciptakan lapangan pekerjaan, meningkatkan kesadaran dan pendidikan kependudukan, mengurangi kepadatan penduduk dengan cara transmigrasi serta cara – cara lainnya.


Kebudayaan mempunyai hubungan yang erat dengan masyarakat. Segala sesuatu yang terdapat dalam masyarakat di tentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri. Istilahnya adalah “cultural-determinism”. Hubungan antara penduduk, masyarakat, dan kebudayaan yaitu penduduk menyebabkan terjadinya masyarakat dan masyarakat memiliki kebudayaan masing-masing. Ketiga hal tersebut tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia.

Sedangkan masyarakat itu sendiri adalah kumpulan manusia yang relatif mandiri, hidup bersama-sama dalam waktu yang cukup lama, tinggal di suatu wilayah tertentu, mempunyai kebudayaan yang sama serta melakukan sebagian besar kegiatan di dalam kelompok / kumpulan manusia tersebut.

Sumber :

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2014. Kreasi Anak Bangsa - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger